Apakah Indoor Positioning System (IPS) Portal Info Terupdate sesuatu yang baru bagi Anda? Jika demikian, Anda harus tahu bahwa ini mirip dengan GPS yang dirancang untuk lingkungan dalam ruangan. IPS digunakan untuk menemukan objek atau orang di dalam gedung melalui smartphone atau tablet. Meskipun teknologinya baru, layanan yang menggunakan IPS semakin populer di bandara, pusat perbelanjaan, dan tempat lain yang membutuhkan LBS dan navigasi.

Bagaimana cara kerja sistem ini?

Teknologi ini menggunakan sensor internal smartphone untuk menemukan posisi dalam ruangan perangkat dengan algoritma matematika. Dimungkinkan untuk mendapatkan lokasi yang akurat dengan menggabungkan data dari sensor.

Untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, IPS bergantung pada tiga elemen: aplikasi IPS, beacon yang mengirim sinyal, dan platform pemosisian.

Pilihan teknologi

Sistem Pemosisian Dalam Ruangan memiliki beberapa pendekatan. Misalnya, Anda dapat mengambil sistem yang menggunakan RFID, Bluetooth, WiFi, atau kombinasi dari teknologi ini. Selain itu, ketika melakukan evaluasi teknologi IPS, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bagaimana infrastruktur ekstra mahal dapat diminimalkan dan biayanya dikurangi. Sejauh menyangkut biaya terendah dan opsi paling sederhana, Anda mungkin ingin menggunakan sistem berbasis WiFi.

Pemosisian berbasis WiFi

Sistem berbasis WiFi memanfaatkan infrastruktur saat ini untuk menemukan perangkat tanpa kalibrasi perangkat keras. Misalnya, Anda dapat membaca di sistem Cupid HP yang dapat menemukan perangkat berkemampuan WiFi apa pun dengan akurasi 2 meter.

Sebenarnya, sistem jenis ini mengirim dan menerima sinyal nirkabel. Di sisi lain, sistem berbasis WiFi bekerja melalui pengukuran jarak sinyal dari titik akses yang berbeda untuk mengkalibrasi posisi perangkat. Titik akses mengirimkan data kembali ke “layanan lokasi” yang relevan. Ini adalah server yang menjalankan analitik dan algoritme untuk menentukan lokasi yang tepat.

Manfaat IPS di kantor

IPS memungkinkan pelacakan aset, keamanan fisik, gedung pintar, dan manajemen jaringan. Misalnya, jika Anda mengetahui lokasi perangkat tertentu di kantor, Anda dapat menyesuaikan pengaturan keamanan setiap kali perangkat dikeluarkan dari gedung.

Di kantor besar, Anda dapat memilih untuk memudahkan staf mencari staf roaming, printer, atau ruang konferensi. Selain itu, Anda juga dapat memantau lokasi perangkat selama periode tertentu dan menunjukkan aktivitas staf di kantor.

Sejauh menyangkut penggunaan praktis, IPS memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Faktanya, ini telah menjadi teknologi baru di berbagai industri seperti perhotelan, kesehatan dan ritel, hanya untuk beberapa nama. Jadi, jika Anda mencari cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau produktivitas staf Anda, kami sarankan Anda mencoba IPS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.